Cara Cek Pulsa dan Cek Nomor Handphone Sendiri

Cara Cek Pulsa Semua Operator

Untuk mengetahui jumlah saldo pulsa yang kamu miliki, lakukan langkah-langkah berikut ini:

·    1.Cara Cek pulsa melalui USSD

Cara Cek Pulsa All OperatorCara paling mudah untuk mengetahui jumlah saldo pulsa yang kamu miliki adalah dengan menggunakan fitur USSD (Unstructured Supplementary Service Data) yaitu cara cek pulsa,cek nomor hp sendiri,maupun cek kuota data internet dengan menekan kode tertentu pada papan tombol handphone. Berikut ini kode USSD cek pulsa masing-masing operator:

   - Cara cek pulsa Indosat Ooredoo: *123# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke cek pulsa)

  - Cara cek pulsa Telkomsel: *888# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke cek pulsa)

ü - Cara cek pulsa Tri: *111# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke  cek pulsa) 

ü - Cara cek pulsa XL: *123# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke  cek pulsa)

ü  - Cara cek pulsa AXIS: *123# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke cek pulsa)

  - Cara cek pulsa Smartfren: *999# (jika belum tampil nominal pulsanya pilih menu yang mengarah ke cek pulsa)

     2.Cara Cek pulsa melalui Aplikasi

Bagi pengguna Smartphone berbasis sistem operasi Android atau iOS, kamu dapat mengunduh aplikasi layanan masing-masing operator seluler yang tersedia di Appstore dan Playstore.

Cara Cek Nomor Handphone Sendiri

Apabila kamu tidak mengingat nomor handphone dari SIM Card yang digunakan, ada beberapa alternatif cara untuk mengetahuinya:

·    1.Cara Cek Nomor Handphone Sendiri via USSD

Memanfaatkan fitur USSD dengan kode USSD sebagai berikut:

- Cara cek nomor Telkomsel: *808#

- Cara cek nomor Indosat: *123*7#

- Cara cek nomor Tri: *111*1#

- Cara cek nomor AXIS: *123*10#

- Cara cek nomor XL: *123#

 2.Cara Cek Nomor Sendiri  via menelpon

Cara cek nomor Handphone yang kedua adalah dengan menghubungi layanan pelanggan masing-masing operator seluler.

Berikut nomor nomor call center all operator:

- Call Center Indosat : 300 (Free) / 100 (400/Call)

- Call Center Telkomsel : 155/188 berbayar

- Call Center XL : 817

- Call Center Axis : 838

- Call Center Flexi : 147 / 08001000899

- Call Center Fren : 888

- Call Center Esia : *999

- Call Center Smart : 881 (Free) / 882 (100/call)

- Call Center Three : 123 atau 0896-4-4000-123 dari (Dari operator lain)

- Call Center Ceria : 888 (Free) / 878* atau 0828-1700-1700 (Dari operator lain)

 SMS Center Semua Operator

Berikut ini data pusat pesan (SMS Center) beberapa kartu GSM dari beberapa operator selular di Indonesia

 INDOSAT MENTARI +62816124

 INDOSAT IM3          +62855000000

 TELKOMSEL            +6281100000

  XL(EXELCOM)          +62818445009

  THREE                      +6289644000001

  AXIS                           +628315000032

       3.Cara Cek Nomor Sendiri via Aplikasi

Jika kamu menggunakan ponsel cerdas berbasis sistem operasi Android atau iOS,di playstore/Appstore unduh aplikasi layanan masing-masing operator seluler untuk melakukan cek nomor.


Daftar Operator Seluler di Indonesia

Sebelum membicarakan mengenai cara cek pulsa semua operator seluler yang ada,sebaiknya kita tahu daftar operator operator apa saja yang ada di Indonesia.

Saat ini, terdapat 6 operator seluler di Indonesia yang menawarkan layanan seluler menggunakan alat pembayaran pulsa, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison 3, Bolt!, smartFren dan hinet (adalah brand dari produk layanan data akses internet pita lebar/broadband nirkabel yang menggunakan teknologi berbasis 4G LTE)

Karena perubahan pola komunikasi dan keterjangkauan mengakses telepon seluler berbasis sistem operasi termutakhir seperti  iOS dan Android, kebutuhan dan penggunaan pulsa ikut meningkat. Pulsa saat ini tidak lagi hanya dibutuhkan untuk melakukan panggilan telepon atau layanan pesan singkat (SMS), saat ini pulsa cenderung digunakan untuk membeli paket layanan data koneksi internet nirkabel yang memungkinkan pengguna operator seluler untuk mengakses internet lebih murah ketimbang menggunakan pulsa tanpa membeli paket data.

Selain melakukan hubungan komunikasi dan mengakses koneksi internet nirkabel melalui telepon genggam, pulsa juga dibutuhkan untuk menerima pesan notifikasi seperti transaksi via perbankan mobile, verifikasi keamanan e-mail, dan sebagainya. Bahkan, saat ini pulsa bisa digunakan untuk melakukan mikrotransaksi untuk game online berbasis telepon genggam atau aplikasi telepon cerdas lainnya.

Perbedaan Masa Tenggang dan Masa Aktif

Masa Aktif:

Pulsa memiliki masa berlaku yang berarti jika pulsa yang kamu miliki sudah habis masa berlakunya, tidak lagi bisa digunakan. Beberapa operator seluler di Indonesia memiliki regulasi dimana pulsa yang sudah habis masa berlakunya dapat digunakan kembali dan mendapat perpanjangan masa berlaku dengan cara melakukan isi ulang. Melakukan pengisian ulang pulsa juga menambah masa aktif kartu SIM yang digunakan disebut topup.

Masa aktif yang didapat dari isi ulang pulsa berbeda beda sesuai besaran nominal pulsanya biasanya berkisar antara 7 sampai 30 hari tergantung dari ketentuan operator seluler masing masing.

Masa Tenggang:

Jika kamu tidak melakukan pengisian ulang hingga masa aktif pulsa berakhir, maka kamu akan masuk pada masa tenggang. Masa tenggang merupakan masa dimana kamu tidak bisa melakukan panggilan keluar dan mengirim pesan singkat, namun kamu bisa menerima panggilan masuk dan pesan singkat. Masa tenggang yang diberikan oleh pihak operator seluler adalah 30 hari, jika hingga melewati 30 hari kamu tidak melakukan isi ulang pulsa sama sekali, maka kartu perdana tersebut tidak lagi bisa digunakan. kamu bisa melakukan cek masa aktif dan cek masa tenggang melalui opsi pengecekan pulsa. 

Sekalipun pulsa masih banyak tapi jarang melakukan panggilan keluar atau mengirim pesan singkat, kamu harus tetap mengisi ulang guna memperpanjang masa aktif kartu SIM agar bisa menggunakan layanan operator seluler seperti menerima panggilan telepon atau pesan singkat.

Jadi ada dua pembatasan yang berlaku yaitu nominal pulsa,akan berkurang sesuai pemakain dimana tarif ini ditentukan masing operator dan masa aktif,estimasi waktu dimana kartu Sim masih bisa digunakan.

Dua duanya berlaku seiring,meskipun pulsa masih banyak akan tetapi masa aktif habis kartu SIM tidak dapt digunakan,begitu pulsa sebaklinya.


Terima kasih.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Cek Pulsa dan Cek Nomor Handphone Sendiri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://reloadmarket.blogspot.com/2020/07/cara-cek-pulsa-dan-cek-nomor-handphone.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
google search google search | powered by Market Pulsa.